Web Browser, Pengertian Manfaat dan Contohnya

Hai sobat Tempel, kali ini saya menempel sebuah artikel tentang web browser. yang meliputi:

  • Pengertian web browser
  • Manfaat web browser
  • Cara Kerja, dan
  • Contoh - contoh web browser

Pengertian Web Browser

Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web (WWW). Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URL) termasuk sebuah halaman web, gamber, video atau bagian lain dari konten web.

Pengertian Web Browser dari segi Fungsi:

Tujuan utama web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URL), Misalnya http://catatantempel.blogspot.com ke dalam browser.
Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.
Kebanyakan browser dapat menampilakn gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi flash dan applet java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.
Berikut adalah fungsi fungsi pada web browser :
a.Caching
Bertujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Dengan cara menyimpan data dan instruksi yang sering digunakan/diakses.
b.Authentication
Authentication adalah suatu proses untuk melakukan validasi terhadap identitas user, yang ditujukan untuk menentukan apakah seorang user diperkenankan untuk mengakses jaringan. Contoh authentication yang paling sering ditemui adalah saat kita diharuskan untuk memasukkan username dan password.
c.State Maintenance
Sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa web browser tetap stabil baik untuk merequest ataupun untuk merespon.
d.Requ/esting supporting data item
Mekanisme yang dilakukan untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user. Contoh: flash player plugin.
e.Taking action in responses to other header & status code
Setiap kali mengunjungi suatu halaman web, komputer akan meminta data dari server melalui HTTP. Bahkan sebelum halaman yang diminta akan ditampilkan dalam browser, web server akan mengirimkan header HTTP yang memiliki kode status. Kode status inilah yang menyediakan informasi tentang status permintaan.
f.Rendering complex object
Proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam halaman web serta efek-efek yang terdapat didalamnya. Sehingga halaman yang ditampilkan sesempurna mungkin.
g.Dealing with error condition
Handling atau penanganan error yang terjadi.

Rincian Web Browser:

Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web.
Bagian-bagian dari browser termasuk:
1.Status Bar. Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan saat itu. Sebagian besar untuk menunjukan kecepatan beban URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
2.Address Bar. Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
3.Title Bar. Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya Anda akan melihat "Catat dan Tempel" ketika Anda membuka situs http://Catatantempel.blogspot.com
4.Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Tittle Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
5.Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.
6.Scroll Bar. Jika anda membuka situs web dan Anda harus "scroll ke bawah" untuk membaca sesuatu, maka anda menggunakan scroll bar.


Cara Kerja Web Browser:

Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.

Misalkan saya ingin membuka sebuah situs, kemudian saya mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

Manfaat dan Kegunaan Web Browser :

1.Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.
2.Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, video, musik dan informasi lainnyabiasanya terletak pada halaman Web padasebuah situs web di World Wide Web atau jaringan area lokal. Teks dan gambar pada halaman Web dapat berisi hyperlink ke halaman Web lain pada website yang sama atau berbeda. Web browser memungkinkanpengguna untuk dengan cepat dan mudah mengakses informasi yang disediakan padabanyak halaman Web di banyak situs dengan melintasi link tersebut. Format web browserHTML untuk menampilkan informasi, sehinggapenampilan halaman Web mungkin berbedaantara browser.
3.Untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.
4.Menanamkan konten eksternal: Dalam Catatan ada cara untuk melakukannya, di web mudah dengan iFrame, seperti misalnya halaman pelacakan paket dari DHL untuk urutan saat ini.
5.Mesin pencari: Dalam Catatan pada dasarnya Anda terjebak dengan built-in mesin, di web yang dapat Anda lakukan mesin sendiri, sebagai hasil pencarian dapat diarahkan ke file teks, dan disajikan melalui agen LS sebagai halaman web.
6.Aksesibilitas: Bila Anda bepergian, Anda perlu memiliki komputer Anda dengan Catatan Anda selalu dengan Anda. Di web, Anda dapat pergi ke warnet, atau menggunakan ponsel Anda dan hanya log in

Jenis-jenis Web Browser:
berikut ini contoh dari Web Browser yang sering digunakan :
  • Mozilla FireFox
Mungkin banyak pengguna internet yang sudah mengenal Web Browser satu ini. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Situs : http://www.mozilla.com/firefox/ Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.
  • Google Chrome
Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Situs :http://www.google.com/chrome Google Chhrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.
  • Internet Explorer
IE yang sering disingkat adalah Web Browser bawaan dari Windows, ketika kita menginstall Windows kita langsung mendapatkan Internet Explorer langsung pada komputer kita , disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Situs :http://www.microsoft.com/windows/products/winfamily/ie/default.mspx
  • Opera
Opera mungkin banyak juga yang sudah mengenal bagi para pencinta internet, Opera web browser yang memiliki 2 versi yaitu mobile dan dekstop.Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Situs :http://www.opera.com/download/ 
  •   Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. tetapi sekarang safari memiliki versi Windowsnya. Situs : http://www.apple.com/safari/download/
  • Maxton
Maxthon adalah browser yang menggunakan engine milik IE, Trident, dan 100% kompatibel dengan IE, ditambah dengan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh IE. Situs : http://www.maxthon.com/ 
  • Flock
Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta. Situs : http://flock.com/
 
  • Avant Browser
Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE. Situs : http://www.avantbrowser.com/download.html

  • Deepnet Explorer
Deepnet Explorer adalah sebuah penjelajah web. Deepnet Explorer sudah mendukung fitur tab browsing untuk halaman multiple. Situs :http://www.deepnetexplorer.com/

  • Phases Out
PhaseOut adalah internet browser yang memungkinkan beberapa pencarian dengan mesin pencari utama hanya dengan satu klik. Situs :http://www.phaseout.net/

Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih atas kunjungannya.. :D

3 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai Web Browser silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2371/1/02-02-011.pdf

Unknown mengatakan...

Dari web browser yang di sebutkan diatas chrome dan mozilla yang paling banyak digunakan saat ini.

Bagi yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Hi...! my name is kevin, im from indonesia, im love anime and manga... thaks for coming

Pengikut